• Penanggalan Ibrani

    Oktober 2016
    S S R K J S M
    « Mei    
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
  • INFORMASI PENTING

  • Pendapat Anda

    josysuitela di HIPNOTIS ALKITABIAH ATAU …
    josysuitela di HIPNOTIS ALKITABIAH ATAU …

Perjuangan Orang Percaya

2016-10-09-2

Bacaan : (Efesus 6:10-20)

Surat Efesus adalah salah satu surat yang ditulis Rasul Paulus dari dalam penjara. Surat ini ditujukan bukan hanya kepada jemaat di Efesus tapi juga kepada semua saudara/i orang percaya (my brethen) yang ada di Asia kecil. Di kota Efesus, Rasul Paulus pernah tinggal 3 tahun lamanya dan merintis sebuah jemaat yang paling aktif dan berkembang pesat dibandingkan jemaat-jemaat di Asia kecil lainnya.

Berdasarkan catatan Alkitab dan penemuan arkeolog, kota Efesus merupakan kota penyembahan berhala terbesar di dunia pada waktu itu. (Kis 19:27). Bahkan juga menjadi kota Metropolitan kedua setelah Athena di zaman Kekaisaran Romawi. Secara perekonomian kota Efesus memiliki pendapatan kekayaan yang berasal dari para penziarah yang datang dari seluruh dunia. Mereka bukan hanya datang untuk berziarah tapi juga berdagang.

Dengan kondisi kerohanian dan perekonomian seperti ini, kota Efesus menjadi kota yang modern dan makmur pada zamannya. Namun ini menjadi tantangan bagi orang-orang Kristen yang ada di Efesus karena mereka harus berjuang melawan tawaran kedagingan (hedonistik, materialistik, konsumeristik), sinkritisme, penderitaan dan aniaya atas iman mereka.

Kondisi yang dihadapi jemaat Efesus tidak jauh berbeda dengan kita sekarang ini. Serangan musuh yang bertubi-tubi baik dari kedagingan (flesh), dunia (world) dan setan (evil). Menantang kita untuk dapat bertahan (defense) dari setiap serangan musuh dalam tipu daya dan panah api si jahat, selain juga menyerang (offense) setiap benteng-benteng musuh.

Seperti Rasul Paulus meminta/mendesak jemaat Efesus untuk tetap kuat dan berdiri sampai akhir. Demikian permintaan ini diperuntukkan juga bagi kita. Lalu bagaimana kita dapat tetap kuat dan berdiri tegap dalam pergumulan/perjuangan iman kita? Bila kita memperhatikan teks ini dengan seksama, paling tidak ada 4 tindakkan yang dapat kita lakukan untuk dapat tetap kuat dan berdiri dalam perjuangan iman ini.

1. Jadilah kuat Be Strong –ay. 10 (tinggalah dalam kekuatan kuasa-Nya -dynamite –kata yang sama digunakan dlm Kis 1:8) Passive Imperative: Let Jesus make you strong- menerima kuasa dari Roh Kudus. Jadi bedirilah tegap – ay.14 Active Imperative: Maintain Your Ground!

2. Kenalilah musuhmu – ay. 12 mengenal lawan = sudah memenangi 80% lebih peperangan.

a. Pemerintah ( archai ) pangeran setan , mengatur seluruh negara dan wilayah ; mereka menguasai dunia untuk Iblis dan bekerja melalui agama , okultisme , keuangan , politik , seks

b. Penguasa ( exousia ) – mereka melaksanakan atau mengeksekusi rencana Iblis dan kerajaan-kerajaan yang bekerja langsung di bawah Setan

c. Penghulu ( komokratoras ) baik supernatural dan natural pemerintah dunia / aturan yang berada di bawah Penguasa

d. roh-roh jahat ( Pneumatikos ) roh-roh jahat yang menganggu dan menguasai manusia misalnya dalam bentuk penyakit, kematian , penderitaan , perbudakan , dll
Kenali siapa dan apa strategi musuh. (2 Korintus 2:11 “ supaya Iblis jangan beroleh keuntungan atas kita, sebab kita tahu apa maksudnya”)

3. Kenakanlah – ay.13-17 Seluruh perlengkapan senjata, tidak sebagian dikenakan, tapi sepenuhnya.

a. Berikatpinggangkan kebenaran – Truth (ay. 14a)
b. Berbajuzirahkan Keadilan – Righteousness (ay. 14b)
c. Kasut kerelaan memberitakan Injil (ay. 15)
d. Perisai iman (ay. 16)
e. Ketopong keselamatan (ay. 17a)
f. Pedang Roh – God’s Word (ay. 17b)

4. Berserulah –ay.18-20

a. Dalam segala doa dan permohonan (1 Kor 14:14; Roma 8:26),
b. Setiap waktu dan tidak terputus-putus (Luk18:1-8)

Perjuangan penganut Jalan Tuhan akan terus berlangsung sampai tiba hari kedatangan Kristus. Menanti saat itu tiba, orang-orang Kristen diminta untuk tetap di dalam Tuhan dan berdiri teguh dengan perlengkapan senjata rohani yang Tuhan sudah sediakan. Sampai kita berkata, “Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman”. (2 Tim 4:7). Amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: