• Penanggalan Ibrani

    Desember 2013
    S S R K J S M
    « Okt   Agu »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  
  • INFORMASI PENTING

  • Pendapat Anda

    josysuitela di HIPNOTIS ALKITABIAH ATAU …
    josysuitela di HIPNOTIS ALKITABIAH ATAU …

NATAL: Invasi kasih Allah

His hands open for you
(1 Petrus 1:17-20)
Natal saat ini telah menjadi milik dunia. Perayaan dan hiasan ada dimana-mana, liburan, cuti, belanja, pesta, makanan, dst ? di Jepang, China, dan bahkan di negara-negara yang bukan Kristen pun turut merayakannya. Hanya sayang, Natal dirayakan sebatas perayaan agama tahunan, jauh dari makna yang sebenarnya. Padahal dalam Natal terdapat kebenaran tentang Inkarnasi Allah sendiri, yaitu pencipta langit dan bumi menjadi manusia. Ini adalah sebuah Invasi Allah atas dunia yang terbelenggu oleh dosa dan penguasa dunia. Natal adalah pemerintahan kerajaan Allah turun kebumi untuk mengambil kembali tahta yang direbut oleh musuh.

Namun dalam Allah melakukan invasinya, Allah tidak menggunakan pasukan malaikat yang besar, atau sebuah atraksi yang menarik perhatian banyak orang. Seperti persepsi kebanyakan orang-orang Yahudi yang percaya bahwa Mesias akan datang sebagai raja yang menunggang kuda dengan pedang ditangannya. Tetapi Allah melakukan invasinya dengan tenang, nyaris tak terdengar. Alih-alih mengirim tentara yang kuat , ia memilih yang tidak diketahui , yaitu seorang gadis perawan. Cara Allah melakukan invasinya sangat menarik untuk dipelajari.
Apa saja yang dipertimbangkan Allah untuk melakukan invasi kasih-Nya kepada dunia?

A. Waktu pelaksanaannya
Waktu dapat dibedakan menjadi dua jenis

1. Waktu Chronos, yang berurutan dan berkronologis, seperti ; detik, menit, jam, pagi, siang dan malam. Di tengah malam Kristus lahir. Dalam keheningan, dan ketenangan Allah hadir. (bandingkan: 1Raj 19:9a,11-13a Dan sesudah api itu datanglah bunyi angin sepoi-sepoi basa. Segera sesudah Elia mendengarnya, ia menyelubungi mukanya dengan jubahnya, lalu pergi ke luar dan berdiri di pintu gua itu)

2. Waktu Kairos adalah waktu di luar urutan yang biasa kita jalani setiap hari. Ini adalah moment khusus dan bermakna. Markus 1:15, “kata-Nya: “Waktunya telah genap; Kerajaan Allah sudah dekat. Bertobatlah dan percayalah kepada Injil!” Waktu Tuhan (1Pet 1:20), Kis 16:6-7

Dua jenis waktu ini sama penting untuk diperhatikan. Namun seringkali kita membiarkan waktu kronos, menahan keajaiban waktu kairos.

B. Titik permulaannya

1. Betlehem, mengapa? Kota ini sangat penting untuk orang-orang Yahudi karena di sini tempat kelahiran Raja Daud. Kota waktu Samuel mengurapi Daud menjadi raja. (I Sam. 16:1-13) dan tempat nenek moyang Daud, yaitu Rut dan Boas menikah. (Mikha 5:10), “Terkecil menjadi terbesar”

2. Kesederhanaan:
a. Keluarga (Luk 2:24) kecukupan atau konsumtif
b. Palungan (Lukas 2:7) ”Yang Mulia menjadi Hina” Yang Hina menjadi Mulia”,

C. Orang pilihannya

Orang yang berkenan kepada-Nya (Lukas 1:14) Kemuliaan bagi Allah di tempat yang maha tinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan (kharis/kesep) kepada-Nya. Dalam Perjanjian Lama kata perkenanan dari kata “kesep” artinya dari yang tidak layak dilayakan. Dalam PB digunakan kata “kharis” artinya orang yang tidak mampu tapi dimampukan. Ketika kita diperkenan Tuhan maka kualitas hidup kita pasti akan berdampak. Kenapa kita butuh perkenanan Tuhan? Perkenanan artinya tangan yang dari atas turun kebawah untuk menopang yang ada dibawah. (Maria, Elisabeth, Yesus)

Natal adalah peristiwa awal invasi kasih Allah, untuk menyatakan perkenaannya kepada manusia. Melalui peristiwa ini kita banyak belajar tentang karakter dan cara Allah mengasihi kita. Selamat Natal.

%d blogger menyukai ini: