• Penanggalan Ibrani

    Agustus 2010
    S S R K J S M
    « Jun   Okt »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  
  • INFORMASI PENTING

  • Pendapat Anda

    josysuitela di HIPNOTIS ALKITABIAH ATAU …
    josysuitela di HIPNOTIS ALKITABIAH ATAU …

Manusia Merdeka

Yohanes 8:31-47

”Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamu pun benar-benar merdeka” (If the Son sets you free, you will indeed be free).
Baru saja kita memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-65, setelah selama lebih 350 tahun dijajah oleh banga asing akhirnya kita dapat mengecap kemerdekaan sepenuhnya. Betapa sukacitanya bangsa kita dapat terbebas dari penjajahan yang memperbudak dan mengendalikan itu. Namun kita belum dapat lepas dari penjajahan dosa, yang menggerakkan dan menimbulkan kriminalitas, korupsi, manipulasi dan kejahatan lain yang membawa keterpurukan bangsa ini. Indonesia atau kita tidak akan pernah menjadi manusia merdeka kalau tidak mengenal dan menerima sumber kemerdekaan sejati, yaitu Kristus. Mengapa mengenal dan mengalami Kristus menjadi dasar dan sumber kemerdekaan sejati.

Mengenal Yesus berarti mengenal kemerdekaan sejati.

Yesus adalah kebenaran yang dapat membebaskan. Dia adalah sumber kebenaran, ukuran/patokon kehidupan yang paling benar. Ia sanggup membebaskan kita dari akibat dosa, tipu daya manusia, dan tipu daya setan. Ia juga yang menunjukkan jalan hidup kekal.
Yesus memberikan kemerdekaan kepada kita bukan tanpa tujuan, akhir dari pembebasan itu adalah kesadaran kita untuk mengikuti dan melayani-Nya. Mengenal Yesus berarti terbebas dari kuasa dosa.

Banyak cara yang dosa dapat lakukan untuk memperbudak kita. Dosa dapat mengendalikan tingkah laku kita. Misalnya, cinta akan diri sendiri, cinta uang, cinta dunia, dan lain sebagainya. Untuk ini perlu penjelasan lebih lanjut, jangan sampai kita salah berpikir kalau kita tidak perlu menjaga diri, mencari uang, atau hidup di dunia. Namun kita harus waspada jangan samapai itu semua mengendalikan hidup kita. Bagaimaimana supaya kita dapat terlepas dari jerat dosa? Satu-satunya cara, kita harus hidup dalam pengenalan dan persekutuan akan Yesus Kristus. Tapi jika saat ini Anda merasa hidup dikuasai dan dikendalikan dosa, Yesus dapat mematahkan belenggu itu dan membebaskan Anda dari dosa (Roma 5:12-21).

…bersambung ke halaman 6….

Mengenal Yesus berarti mendapat kemerdekaan untuk dapat taat
Sebagai orang berdosa, manusia terpisah dari TUHAN, kita melihat hukum Tuhan dari bawah, sebagai tangga untuk dinaiki agar dapat sampai ke Tuhan. Mungkin kita telah berulang kali mencoba naik ke sana, tapi baru saja maju satu atau dua anak tangga kita sudah jatuh lagi. Atau mungkin kita melihat begitu tinggi dan besarnya tangga tersebut. Dalam kedua kasus tersebut, kini kita dapat lega karena korban Yesus dengan tangannya yang terbuka siap mengangkat kita melampaui tangga hukum, dan membawa kita langsung ke TUHAN! Setelah Yesus mengangkat kita ke dalam kehadiran BAPA, kita bebas untuk taat atau mematuhi perintah-Nya -karena cinta, bukan keharusan; melalui kuasa Tuhan, bukan diri Anda. Dan kita tahu jika kita tersandung, kita tidak akan jatuh kembali ke tanah. Sebaliknya, kita akan ditangkap dan ditahan dalam pelukan penuh kasih Kristus. Kristus telah benar-benar membebaskan kita. Sekarang, pastikan Anda tetap bebas, dan tidak mendapat terikat lagi dalam perbudakan hukum. (Galatia 5:1).

Mengenal Yesus berarti kebebasan untuk melayani.
Kristus mati untuk membebaskan kita dari dosa dan dari daftar panjang peraturan. Kristus datang untuk membebaskan kita-tidak bebas untuk melakukan apapun yang kita inginkan, karena itu akan membawa kembali keinginan egois kita. Sebaliknya, kita bersyukur sekarang bebas dan mampu melakukan apa yang tidak mungkin sebelumnya, yaitu -hidup tanpa mementingkan diri sendiri.
Apabila Kristus dengan Roh-Nya menguasi hidup kita, maka ada kemerdekaan bukan perhambaan, kerja sama bukan persaingan, kemuliaan bagi TUHAN bukan pujian bagi manusia.

…… Ev. Samuel Silalahi, MA… D.Minc …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: