• Penanggalan Ibrani

    Juli 2009
    S S R K J S M
    « Jun   Agu »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  
  • INFORMASI PENTING

  • Pendapat Anda

    josysuitela di HIPNOTIS ALKITABIAH ATAU …
    josysuitela di HIPNOTIS ALKITABIAH ATAU …

Bekerja: Persepektif asal kata Alkitab

Bekerja adalah suatu perintah, maka bekerja adalah suatu kewajiban bagi manusia pada umumnya dan orang percaya pada khususnya. Rasul Paul secara tegas mengatakan kaitan antara pekerjaan dan makanan sbb: “Sebab, juga waktu kami berada di antara kamu, kami memberi peringatan ini kepada kamu: jika seorang tidak mau bekerja, janganlah ia makan” (2 Tes 3:10). Oleh karenanya Rasul Paul pun melakukan pekerjaan siang malam untuk memenuhi kebutuhannya dan pelayanannya sebagaimana dikatakan, “Sebab kamu masih ingat, saudara-saudara, akan usaha dan jerih lelah kami. Sementara kami bekerja siang malam, supaya jangan menjadi beban bagi siapa pun juga di antara kamu, kami memberitakan Besorah Tuhan kepada kamu” (1 Tes 2:9)

(BEKERJA ADALAH MELAYANI YAHWEH/TUHAN)
workYang menarik, kata “beribadah” dalam bahasa Ibrani dipergunakan kata “AVODAH”. Kata “AVODAH” muncul dalam Kitab Torah, Neviim, Kethuvim (TaNaKh) sebanyak 145 kali. Lembaga Alkitab Indonesia menerjemahkan kata ini dengan “melayani”, “budak”, “mengerjakan”, “beribadah”. Contoh: “…tetapi supaya mezbah itu menjadi saksi antara kami dan kamu, dan antara keturunan kita kemudian, bahwa kami tetap beribadah (avodat) kepada Yahweh di hadapan-Nya dengan korban bakaran, korban sembelihan dan korban keselamatan kami. Jadi tidaklah mungkin anak-anak kamu di kemudian hari berkata kepada anak-anak kami: Kamu tidak mempunyai bagian pada Yahweh” (Yos 22:27). “Mereka harus mengerjakan tugas-tugas bagi Akharon dan bagi segenap umat Yishrael di depan Kemah Pertemuan dan dengan demikian melakukan pekerjaan (avodat) jabatannya pada Kemah Suci” (Bil 3:7). “Beribadahlah (ivdu) kepada Yahweh dengan sukacita, datanglah ke hadapan-Nya dengan sorak-sorai!” (Mzm 100:2).

Jika “AVODAH” yang bermakna “beribadah” atau “melayani Tuhan” memiliki hubungan dengan kata sebelumnya yaitu “AVAD” dan “EVED”, maka dapat diambil kesimpulan sbb:

Pertama, bekerja adalah ibadah. Bekerja adalah pelayanan kepada Tuhan dalam konteks sosial. Konsekwensi logis bahwa bekerja adalah ibadah dan pelayanan kepada Tuhan maka orang beriman dalam melakukan pekerjaan (sebagai pengusaha, pedagang, guru, karyawan, pegawai pemerintah, polisi, tentara, dll) harus mengekspresikan nilai-nilai kejujuran dan keadilan serta pelayanan. Tidak mengherankan ketika Yahweh memerintahkan kepada Yishrael agar tidak berlaku curang dalam berdagang dengan mengatakan, “Neraca yang betul, batu timbangan yang betul, efa yang betul dan hin yang betul haruslah kamu pakai; Akulah Yahweh Tuhanmu yang membawa kamu keluar dari tanah Mitsrayim (Im 19:36).Inilah salah satu contoh bahwa bekerja adalah melayani Tuhan. Maka segala bentuk kecurangan dalam bekerja (menggunakan formalin, menggunakan zat pewarna berbahaya, menggelonggong hewan, mengedarkan makanan kadaluarsa, menyuap pejabat, mengorupsi uang rakyat) tidaklah mencerminkan nilai-nilai kejujuran dan keadilan serta pelayanan.

Kedua, ibadah bermakna melayani Tuhan. Sebab itu ibadah harus dipahami sebagai bentuk pelayanan individu dan komunitas umat beriman kepada Tuhan dan jangan dipahami sebagai sebuah beban yang memberatkan. Kita melayani Tuhan karena Tuhan telah melakukan banyak hal bagi kita. Dia telah menebus kita dari kutuk dosa dan telah mengaruniakan hidup kekal melalui Yahshua Sang Mesias, Dia telah menjanjikan berkat-berkat jasmani dan rohani dll. Jika kita telah sampai pada pemahaman bahwa ibadah adalah melayani Tuhan, maka kita tidak bermalas-malasan dalam beribadah dan tidak merasa terpaksa melakukan ibadah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: