• Penanggalan Ibrani

    Februari 2009
    S S R K J S M
    « Jan   Mar »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    232425262728  
  • INFORMASI PENTING

  • Pendapat Anda

    josysuitela di HIPNOTIS ALKITABIAH ATAU …
    josysuitela di HIPNOTIS ALKITABIAH ATAU …

Suami Yang Bijak (Maz 128)

Pernikahan bahagia adalah sebuah pilihan khususnya dari seorang laki-laki yang adalah suami (lih. Ay 4). Mengapa pria? Karena yang menentukan kebahagiaan sebuah keluarga prioritasnya ada pada pria sebagai kepala. Seorang pria akan menjadi suami yang bijak apabila ia memilih pilihan yang membuat keluarganya bahagia. Apakah itu?

Hidup dengan takut akan Tuhan
“Berbahagialah setiap orang yang takut akan TUHAN,” (ay 1a). inilah pilihan yang mutlak bagi pernikahan bahagia, yaitu seorang pria yang adalah seorang suami yang menghormati, menghargai, mengandalkan dan mempermuliakan Tuhan dalam hidup dan keluarganya. Inilah pilihan dasar yang harus dimiliki oleh seorang suami dalam pernikahan agar keluarganya bahagia.
Bukti dari seorang suami yang takut akan Tuhan adalah membawa istri dan seluruh anggota keluarganya di dalam mezbah doa bersama-sama. Atau seorang suami yang sungguh-sungguh mengandalkan hidup di dalam doa bersama keluarganya. Ada mungkin seorang istri yang tekun berdoa, tetapi selagi suaminya masih tetap tidak terlibat didalam membawa istri dan anak-anaknya untuk berdoa bersama, maka akan sangat sukar bagi keluarga itu untuk menikmati bahagia. Sebab suami adalah imam dalam keluarga.

Hidup sesuai dengan Firman Allah
“Berbahagialah setiap orang…yang hidup menurut jalan yang ditunjukkanNya!” (ay. 1b). Pilihan yang kedua harus diambil oleh seorang pria yang adalah seorang suami agar pernikahannya bahagia adalah berjalan sesuai dengan Firman Allah. Sebab Firman Tuhan sangat dibutuhkan dalam menapaki pernikahan itu dengan segala persoalan dan masalah di dalamnya. Dan Firman Tuhan menjadi kompas dalam mengarahkan setiap langkah untuk membawa keluarga itu meraih kebahagiaan. Selain itu Firman Allah menjadi aturan yang harus dijalani oleh setiap anggota keluarga itu khususnya seorang suami. Apakah itu?.

Pertama, Suami harus menjadi pemimpin (Ef. 5:22-23). Suami harus ditempatkan sebagai kepala yang harus dihormati. Jangan sampai ada seorang istri tidak hormat kepada suaminya. Sebab berkat dicurahkan oleh Allah dari atas yaitu melalui suami sebagai kepala keluarga. Jadi, suami harus mengambil perannya sebagai pemimpin dalam keluarga. Jangan sampai istri yang mengambil peran ini karena akan menjadi masalah yang membuat tidak bahagia.
Kedua, Suami harus mengasihi istri (Ef. 5 : 25 -26). Suami sebagai kepala keluarga harus bertanggungjawab terhadap keluarganya. Tindakan ini diwujudkan dalam mengasihi istri apa adanya dan rela untuk berkorba. Tindakan suami untuk mengasihi istrinya dilakukan tanpa harus melihat apa yang sudah dilakukan oleh istrinya kepadanya. Inilah kasih yang sesungguhnya seperti Kristus mengasihi manusia tanpa mempedulikan apa yang telah dilakukan oleh manusia terhadapNya.
Ketiga, Suami harus bijaksana (1 Ptrs 3:7). Suami harus menjadi tempat yang aman bagi istrinya. Hal itu hanya bisa apabila suami memiliki kebijksanaan sebagai seorang pemimpin dan bukan merasa seperti penguasa yang otoriter. Sering terjadi kekerasan dalam keluarga karena suami tidak memenuhi pangilannya ini sehingga yang terjadi adalah kehancuran. Tetapi kalau seorang suami menjadi pemimpin yang memberikan rasa aman terhadap istrinya, maka akan berbahagia karena doa-doanya akan dijawab oleh Allah.
Oleh karena itu kalau ingin pernikahan Anda bahagia, maka pilihlah untuk bahagia. Hai suami takutlah akan Tuhan, dan melangkahlah sesuai dengan aturan yang ditetapkan Allah bagimu sebagai seorang suami yaitu: jadilah pemimpin yang mengasihi istrimu dan berlaku bijaksana kepadanya.
..…. Pdt. Mauli Siahaan , S.Th…
(diambil dari khotbah Minggu, 22 Februari 2009)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: