• Penanggalan Ibrani

    Februari 2009
    S S R K J S M
    « Jan   Mar »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    232425262728  
  • INFORMASI PENTING

  • Pendapat Anda

    josysuitela di HIPNOTIS ALKITABIAH ATAU …
    josysuitela di HIPNOTIS ALKITABIAH ATAU …

Meracik Masalah Dengan Tepat

“Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan keluar, sehingga kamu dapat menanggungnya”. I Korintus 10:13.
Ibarat “bumbu” dalam kehidupan, setiap manusia akan menemui permasalahan dalam perjalanan kehidupannya. Banyak orang yang melihat masalah bagaikan ”gunung besar” yang sangat sulit untuk diatasi. Pada sisi lain tidak sedikit yang akhirnya menyebabkan putus asa, kecewa, stress, dan tragisnya lagi ada yang mengakhiri hidup di tangannya sendiri. Namun bagi kita sebagai umat Tuhan, masalah adalah hal yang dapat diatasi dengan mengelolanya secara tepat berdasarkan hikmat dari Tuhan. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan:

1. Berusaha Menerima Sebuah Masalah dengan Sabar dan Lapang Dada.
Biasanya reaksi awal kita ketika mendapatkan masalah adalah merasa tidak percaya bahwa masalah tersebut terjadi. Jika kita seperti itu, justru akan membuat masalah menjadi semakin berat, karena tanpa disadari energi kita terkuras memikirkan hal tersebut. Cobalah untuk bersikap santai, ikhlas dan tidak panik. Dengan demikian, pikiran kita pun akan lebih tenang dan memudahkan kita mencari cara terbaik untuk memecahkan masalah tersebut.

2. Carilah Akar Penyebab Masalah Tersebut.
Tak ada salahnya meminta bantuan dari kerabat atau rekan yang dapat dipercaya untuk membantu memecahkan masalah yang sedang di hadapi. Alkitab katakan bahwa berdua itu lebih baik, karena jika yang seorang jatuh, maka yang satunya akan mengangkat temannya yang jatuh. Hal ini pun dapat membantu mengurangi kegelisahan dan kekhawatiran kita.

3. Persempit Masalah Menjadi Bagian Kecil.
Banyak orang ketika menghadapi masalah, bukannya mempersempit area masalah itu, tapi justru memperbesar masalah, sehingga bagaikan benang kusut yang sukar untuk diselesaikan. Oleh karena itu, bila ada masalah berusahalah untuk sedapat mungkin meminimalkan dan mempersempit area masalah. Dengan mempersempit dan memilah masalah menjadi bagian-bagian kecil, maka secara garis besar gambaran masalah kita, akan terlihat lebih jelas.

4. Konsentrasilah Mencari Solusinya.
Setelah mengidentifikasi berbagai penyebab masalah, kita akan lebih mudah berkonsentrasi untuk mencari solusinya satu persatu. Apabila masalah yang lebih kecil terselesaikan, maka secara keseluruhan akan membantu menyelesaikan permasalahan yang lebih besar.

5. Ambilah Hikmah dari Masalah yang Menimpa Anda.
Jadikan hikmah tersebut sebagai sebuah pengalaman yang dapat membuat Anda semakin berkembang dari hari ke hari. Mental Anda akan semakin kuat bila semakin terbiasa menghadapi dan memecahkan berbagai masalah.

6. Hindari Perasaan “Down” atau Rendah Diri.
Tetaplah bersemangat walaupun masalah datang mendera. Jangan biarkan masalah memadamkan kreativitas Anda. Seberat apapun masalah Anda, tetaplah bersyukur karena Anda telah diberi “bumbu” kehidupan oleh Tuhan.

(Ev. Yohanes R. Eda, M.Th)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: