• Penanggalan Ibrani

    November 2008
    S S R K J S M
    « Okt   Des »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
  • INFORMASI PENTING

  • Pendapat Anda

    josysuitela di HIPNOTIS ALKITABIAH ATAU …
    josysuitela di HIPNOTIS ALKITABIAH ATAU …

Cyber crime vs real crime

images3Penutupan situs yang memuat komik Nabi Muhammad terhitung sejak Kamis 20 November, tidak membuat perkara kejahatan cyber crime tersebut selesai begitu saja.

Departemen Komunikasi dan Informasi menegaskan akan tetap berkomitmen untuk memburu pembuat situs dan pihak lain yang terlibat dalam upaya penyebaran komik tersebut.

Komik di wordpress.com ini bercerita tentang kisah pernikahan Muhammad dengan Zainab yang merupakan mantan istri dari anak angkatnya, kisah Muhammad dengan Aisyah dan kisah Muhammad dengan budaknya, Mariah. Tiga kisah ini memang sering dijadikan senjata untuk memojokkan Islam.

Gambar-gambar Zainab dan Mariah dalam kartun ini ditampilkan dengan pakaian yang menggoda bahkan ada yang telanjang. Komik itu juga mengutip ayat-ayat Alquran dan hadist dengan penafsiran versi si komikus. Pemerintah sudah seharusnya segera mengambil tindakan. Paling tidak, bisa meminta wordpress untuk menutup blog yang sangat menyesatkan dan cenderung meresahkan.

sumber : http://www.detikinet.com/

Kasus komik nabi ini juga Mencoreng Nama blogger indonesia karana memanfaatan blog tidak sesuai karena dianggap meresahakan pihak lain dan identik dengan SARA (suku, agama, ras, dan antargolongan).
Sekali lagi perlindungan pemerintah atas keyakinan rakyatnya digunakan, Menkominfo M Nuh di sela-sela acara di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (20/11/2008), mengatakan akan melacak pelaku penghinaan keyakinan tersebut.

sumber : news.okezone.com

Gambar Komik hina Nabi Muhammad, tersebut dibuat dalam sebuah blog yang dihosting di wordpress.com. Maklum begitu mudahnya informasi berkembang sehingga baru beberapa hari di posting, komik itu langsung tersebar keseluruh jagad maya. Sehinga mudah sekali sebenarnya meningkatkan ranking sebuah blog di dunia maya. Namun resiko yang harus ditanggung tentu harus dipertimbangkan.
Cara penghinaan keyakinan orang lain tentu tidak mendidik dan tidak tepat dibahas dalam forum terbuka seperti blog. Karena mayoritas penduduk Indonesia masih mengedepankan emosi dibanding rasio. Hampir mayoritas penduduk bahkan pemimpin Indonesia digerakan dengan emosi maka berdemokrasi di negeri ini sangatlah tidak mudah.

Sebab itu bila cerita dalam komik dengan judul ‘Muhammad dan Zainab’ dan ‘Kartun Sex Muhammad dengan Budak’. tidak benar biarlah kebenaran itu sendiri membuktikannya. Layaknya kisah Yesus yang sudah lebih dua ribu tahun lamanya dihina dan dicaci tapi pengikutnya tidak pernah frustasi atau membalas caci-maki dengan kekerasan.
Sampai hari ini Yesus dan para pengikutnya masih menderita tapi seberapa besar dan sering peran pemerintah melindungi keyakinan rakyatnya. Samakah reaksi pemerintah secepat menanggapi ‘cyber crime’ di internet dengan ‘real crime’ penghinaan, perusakan, dan pembakaran gereja secara fisik?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: