• Penanggalan Ibrani

    Juni 2008
    S S R K J S M
    « Mei   Jul »
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    30  
  • INFORMASI PENTING

  • Pendapat Anda

    josysuitela di HIPNOTIS ALKITABIAH ATAU …
    josysuitela di HIPNOTIS ALKITABIAH ATAU …

Y’shua (Yesus)-Torah yang hidup

Suatu hari sorang mualaf berdialong dengan penulis. Ia memberi alasan mengapa menjadi mualaf. Alasan utamanya adalah karena ia ingin menjadi pengikut Yesus. Sebab menurutnya Yesus adalah seorang muslim yang taat karena Yesus disunat, dan tidak makan babi seperti yang diajarkan Islam. Mualaf ini begitu yakin bahwa Yesus adalah muslim (baca:beragama Islam).

Penulis mengambil kesimpulan, tidak heran ia memutuskan menjadi mualaf karena pemahamannya tentang Yesus tidak benar.

Kisah diatas adalah sebuah contoh betapa pemahaman yang benar penting dimiliki untuk menemukan kebenaran yang sejati.

Dalam lingkungan Kekristenan keberadaan Yesus sering dibatasi pemahaman yang bersumber dari Perjanjian Baru semata. Yesus terkesan berdiri sendiri dalam iman keKristenan. Yesus hanya dibatasi sebagai Juruselamat atas dosa-dosa, pembawa pembaharuan, pembebas atas hukum dosa. Benarkah hanya demikian?

Bila kita pelajari sumber selain Perjanjian Baru, maka ada kaitan yang tak terputuskan antara iman di dalam Perjanjian Lama yang sekarang masih dipegang oleh orang Yahudi dengan iman yang dianut oleh Yesus di dalam Perjanjian Baru. Yesus jelas adalah orang Yahudi asli dengan nama aslinya Y’shua (artinya: kata Y =menunjuk nama YHWH dan kata shua= berarti keselamatan). Sebab itu dari nama-Nya yang asli kita bisa mengenal siapa Yesus sebenarnya. Di dalam nama ini terkandung nama Bapa-Nya-YHWH, tidak heran Y’shua pernah berkata nama yang diterima-Nya berasal dari Bapa (lihat. Yohanes 17). Y’shua pun pernah berkata, apa yang dikatakannya tidak berasal dari diriNya sendiri melainkan apa yang dikatakannya berasal dari Bapa. Ini menjelaskan bahwa Y’shua benar Firman YHWH yang menjadi manusia. Karena Ia adalah perwujudan Firman maka Y’shua harus digerakkan oleh Bapa yang menjadi sumber keberadaanNya yang kekal. Y’shua adalah Firman dan Ia selalu bersama-sama dengan YHWH. Itu sebabnya mengapa Y’shua menyebut YHWH Bapa-Nya, karena Ia keluar dari Bapa. Dalam pengeritan inilah mengapa ada yang menyebut Y’shua sebagai anak. Sebab itu sebutan anak bukan menunjuk atau berkonotasi posisi/keadaan melainkan dipahami sebagai proses asal keberadaanNya. Y’shua pernah berkata, “AKu dan Bapa satu”. YHWH dan Y’shua adalah satu. Sebab itu keberadaan Y’shua sebagai Firman sudah nampak diawal mula penciptaan alam semesta. Firman harus keluar dari diri YHWH maka semua baru jadi. Tanpa ada firman yang dikeluarkan maka tidak ada sesuatu pun yang jadi. Sebab itu keberadaan Y’shua sebagai Firman yang diucapkan YHWH tetap mengiringi rencana kekal YHWH. Rencana dan perjanjian kekalNya ditujukan kepada umat pilihan berdasarkan kasih dan kedaulaatanNya, yaitu Israel. Untuk mewujudkan rencana kekal-Nya, YHWH memberikan tuntunan atau petunjuk (bahasa aslinya: Torah). Orang Israel sadar betul keberadaan Taurat (baca: torah) adalah hal penting sebagai sarana untuk mewujudkan rencana kekal YHWH dan juga sebagai ‘baju’ untuk membedakan dengan bangsa-bangsa lain. Orang Israel sangat meninggikan Torah dalam hidup rohaniNya. Sebab itu tidak heran saat Y’shua mengaku diriNya datang untuk menggenapi Torah, banyak orang Israel tidak menerima dan merasa Y’shua telah melecehkan mereka. Namun penolakan orang Israel pada waktu itu mnjadikan kesempatan untuk Torah dikenal oleh bangsa-bangsa yang jauh. Baik Torah secara tertulis maupun Torah yang telah berwujud manusia-Y’shua.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: