Kesatuan Dalam Kristus (Ef. 4: 1-7)

KESATUAN DALAM KRISTUS

Ef. 4 : 1-7

Kesatuan orang percaya didalam Kristus begitu penting, sehingga Kitab Perjanjian Baru memberikan lebih banyak perhatian untuk hal ini dibandingkan sorga ataupun neraka. Menjaga kesatuan kita didalam Kristus berarti juga menjaga kesatuan gereja, komunitas persekutuan kita. Dimata Tuhan hal ini penting, karena kesatuan adalah jiwa persekutuan yang merupakan hakekat dan inti dari kehidupan bersama didalam Kristus.

Mengapa orang percaya perlu memelihara kesatuan?

Karena memelihara kesatuan adalah perintah Tuhan (Ef. 4:3).

Doa Tuhan Yesus yang Agung untuk gereja-Nya adalah “supaya umat-Nya menjadi satu” (Yoh. 17:21). Tuhan memandang kesatuan sebagai sesuatu yang baik dan indah (Maz. 133:1) karena itu, jika kesatuan adalah perintah Tuhan maka seluruh orang percaya wajib memeliharanya.

Karena kita adalah anggota keluarga Allah (Ef. 2:19-20).

Alkitab menyatakan didalam KRistus kita bukanlah orang asing dan pendatang melainkan anggota keluarga Allah. Kita harus menyadari, kesatuan itu tercipta karena status kita sebagai anak Allah (Yoh 1:12) yang telah dipanggil dari gelap menuju terang Tuhan yang ajaib; inilah identitas kita. Gereja harus ‘melawan’ budaya individualistis dalam masyarakat modern dengan ‘semangat kasih’ yang menjadi gaya hidup orang percaya.

Karena didalam kesatuan ada berkat Tuhan. (Mzm 133: 1-3)

ALkitab menyatakan Tuhan memerintahkan berkat ketika umat-Nya hidup dalam kesatuan. Doa yang dijawab bukan hanya karena dinaikkan dengan iman tetapi juga karena kesehatian dalam berdoa (Mat. 18:19). Gereja yang hidup dalam kesatuan, keluarga yang hidup dalam kesatuan akan senantiasa melihat dan mengalami mujizat Tuhan.

Kita harus menyadari bahwa kesatuan itu sudah Tuhan berikan karena kita berada didalam Kristus. Namun, bagaimanakah agar kesatuan itu dapat terpelihara?

Perlu diusahakan (Ef. 4:3).

Alkitab menyatakan “…berusahalah memelihara….” (ayat 3) kita tidak dapat mengharapkan kesatuan itu terpelihara tanpa berusaha memeliharanya. Ini membutuhkan kerja keras, bagaimana cara memeliharanya? Ayat 1 dan 2 menjelaskan kepada kita bahwa kita harus hidup berpadanan dengan panggilan kita yaitu dengan hidup rendah hati, lemah lembut, sabar dan saling menolong.

Lihat persamaan bukan perbedaan (Ef. 4:4-6).

Kesatuan terpecah karena orang sering memandang perbedaan bukan persamaan. Fokuskan pada persamaan karena itulah yang mempersatukan. (Roma 14:19) mendorong kita untuk mengejar hal-hal yang mendatangkan damai sejahtera.

Menghormati kasih karunia Tuhan bagi setiap orang (Ef. 4:7).

Alkitab mengatakan kita harus saling menghargai dan menghormati berdasarkan kasih karunia Tuhan. Orang-orang yang telah bekerja keras juga perlu mendapat penghormatan (I Tes 5:12-13). Dan yang perlu kita ingat adalah menghormati Pemimpin, Penatua, Gembala (Ibr. 13:17)

Warta Minggu, 13 Juli 2008. Pdt. Steven Palilingan, S.Th.

About these ads

2 Tanggapan

  1. Today, due to the many opportunities being made available across
    the web, there have been a great number of ways via which one
    can get the results that they want and when it comes to finding out how one can get the best of SERP results
    that will be able to ensure that you can get the best of what you want.
    They do understand that, the link building process requires a
    lot of time, they invest quality time in link building as it grounds a strong a base to the website which in turns standardizes the website also.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 556 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: